Apa itu digital marketing, jenis dan contohnya?

Apa itu digital marketing

Apa itu digital marketing? Digital marketing adalah suatu upaya dalam melakukan penjualan, melalui dunia digital. Dalam  Bahasa Indonesia Anda bisa menyebutnya, pemasaran digital, pemasaran online, dan lainnya.

… apa pun sebutannya, setiap perusahaan, saat ini membutuhkan ilmu digital marketing yang mumpuni. Kemajuan tehnologi, memaksa tehnik pemasaran konvensional untuk mundur teratur.

Ini sebenarnya, mengikuti kecendrungan dinamika kehidupan sosial itu sendiri. Penggunaan internet meningkat berkali lipat selama dekade terakhir.  Dan perubahan secara besar-besaran ini, memengaruhi cara orang untuk memenuhi kebutuhannya.

Dan digital marketing  pun, mengemuka.

Sebelumnya, saya akan menjawab beberapa pertanyaan umum. Terkait digital marketing.

Apa itu Digital Marketing?

Pada dasarnya, pemasaran digital mengacu pada segala upaya pemasaran online atau aset. Pemasaran melalui email, SEO, iklan bayar per klik, pemasaran media sosial, dan bahkan blogging adalah contoh digital marketing yang hebat — ini semua, membantu memperkenalkan orang ke perusahaan Anda dan meyakinkan mereka untuk membeli.

Bagaimana konsep digital marketing?

Tidak ada konsep baku dalam dunia digital marketing. Ia lebih dekat pada ide dan kreativitas dalam menjangkau pembeli, menggunakan media digital. Jadi, apa pun yang Anda lakukan untuk menjangkau pasar, itu sudah bentuk dari strategi digital marketing. Bergerak dinamis, cepat, inovatif, visioner, update, adalah konsep utama yang dibutuhkan dalam digital marketing.

Apa saja jenis digital marketing, dan contohnya?

Ada banyak jenis digital marketing, dan nampaknya akan terus bertambah sepanjang waktu. Dan ini akan kita bahas berikut ini;

Berikut adalah beberapa aset dan strategi digital marketing yang paling umum digunakan bisnis untuk menjangkau orang secara online:

Jadi, apa itu digital marketing? Pemasaran digital sama seperti jenis pemasaran lainnya — ini adalah cara untuk terhubung dan memengaruhi pelanggan potensial. Perbedaan sebenarnya adalah, Anda terhubung dengan dan memengaruhi pelanggan tersebut secara online.

Jenis digital marketing dan contohnya

Hampir semua hal bisa menjadi aset pemasaran digital. Itu hanya perlu menjadi alat pemasaran yang Anda gunakan online.

Karena itu, banyak orang tidak menyadari berapa banyak aset pemasaran digital yang mereka miliki. Berikut adalah beberapa contoh:

  • Website
  • Brand (logo, ikon, akronim, dll)
  • Konten video (iklan video, demo produk, dll)
  • Gambar (infografis, foto produk, foto perusahaan, dll)
  • Konten tertulis (posting blog, eBook, deskripsi produk, testimonial, dll)
  • Produk atau alat online (SaaS, kalkulator, konten interaktif, dll)
  • Ulasan
  • Halaman Media sosial

Seperti yang mungkin Anda bayangkan, daftar ini hanya menggores permukaan. Sebagian besar aset digital marketing akan jatuh ke dalam salah satu kategori ini, tetapi pemasar yang cerdik, terus-menerus menemukan cara baru untuk menjangkau pelanggan online, sehingga daftarnya terus bertambah!

Strategi Digital Marketing

Daftar strategi pemasaran digital juga terus berkembang, tetapi berikut adalah beberapa strategi yang digunakan kebanyakan bisnis:

Iklan Bayar-Per-Klik

Iklan bayar per klik (PPC), sebenarnya adalah istilah luas yang mencakup semua jenis pemasaran digital tempat Anda membayar, untuk setiap pengguna yang mengklik iklan.

Misalnya, Google AdWords adalah bentuk iklan PPC yang disebut “iklan pencarian berbayar” /Paid Search Advertising. Iklan Facebook adalah bentuk lain dari iklan PPC yang disebut “iklan media sosial berbayar”.

Paid Search Advertising

Google, Bing dan Yahoo semuanya memungkinkan Anda menjalankan iklan teks pada Halaman Hasil Mesin Pencari (SERPs) mereka. Ini disebut Paid Search Advertising. Iklan pencarian berbayar adalah salah satu cara terbaik untuk menargetkan pelanggan potensial. Yang secara aktif mencari produk atau layanan seperti milik Anda.

SEO (Search Engine Optimazion)

Jika Anda tidak ingin membayar untuk muncul di SERP, Anda juga dapat menggunakan optimisasi mesin pencari (SEO).

Ini memungkinkan Anda mendapat peringat halaman atau posting blog di mesin pencari, secara organik.

Anda tidak perlu membayar langsung untuk setiap klik, tetapi mendapatkan peringkat halaman biasanya membutuhkan sedikit waktu dan upaya.

Ini salah satu strategi paling efektif, hingga saat ini. Namun, jika Anda tidak memahami secara mendalam, Anda dapat menggunakan layanan Jasa SEO Profesionallihat landing page kami

Iklan Media Sosial Berbayar

Sebagian besar platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, LinkedIn, Pinterest dan Snapchat akan memungkinkan Anda untuk menjalankan iklan di situs mereka.

Iklan media sosial berbayar sangat bagus untuk membangun kesadaran audiens yang mungkin tidak menyadari bahwa bisnis, produk, atau layanan Anda ada.

Pemasaran media sosial

Seperti SEO, pemasaran media sosial adalah cara organik gratis untuk menggunakan platform media sosial seperti Facebook atau Twitter untuk memasarkan bisnis Anda.

Dan, seperti halnya SEO, pemasaran bisnis Anda secara organik di media sosial membutuhkan lebih banyak waktu dan upaya, tetapi dalam jangka panjang, ini dapat memberikan hasil yang jauh lebih murah.

Conversion Rate Optimization (CRO)

Conversion rate optimization (CRO) adalah seni dan ilmu untuk meningkatkan pengalaman pengguna online Anda.

Sebagian besar waktu, bisnis menggunakan CRO untuk mendapatkan lebih banyak konversi (prospek, obrolan, panggilan, penjualan, dll) dari lalu lintas website.

Content Marketing

Pemasaran konten adalah istilah pemasaran digital yang cukup luas. Pemasaran konten mencakup segala upaya pemasaran digital yang menggunakan aset konten (posting blog, infografis, eBook, video, dll.) Dimana ini bertujuan membangun kesadaran merek atau mendorong klik, prospek, atau penjualan.

Baca juga; Apa itu konten pilar?

Native Advertising

Pernah ke bagian bawah artikel dan melihat daftar artikel yang disarankan? Itu Native Advertising (iklan asli). Sebagian besar iklan bawaan termasuk dalam pemasaran konten. Karena, menggunakan konten untuk menarik klik

Seringkali, iklan asli mungkin agak sulit dikenali, karena biasanya dicampur dengan rekomendasi konten tidak berbayar … tapi itu intinya.

Email Pemasaran

Pemasaran email adalah bentuk pemasaran online tertua dan masih kuat. Sebagian besar pemasar digital menggunakan pemasaran email untuk mengiklankan penawaran khusus, menyorot konten (sering sebagai bagian dari pemasaran konten) atau mempromosikan suatu acara.

Pemasaran Afiliasi

Pemasaran afiliasi pada dasarnya membayar orang lain (orang atau bisnis) untuk mempromosikan produk dan layanan Anda di website mereka.

Seperti yang Anda lihat dari daftar di atas, ada banyak cara berbeda untuk memasarkan bisnis Anda secara online, itulah sebabnya banyak bisnis menggunakan layanan pihak ketiga, untuk mengelola upaya digital marketing mereka. Atau, membayar untuk tim pemasaran internal dan perangkat lunak otomasi pemasaran, untuk memenuhi kebutuhan pemasaran mereka

1 komentar untuk “Apa itu digital marketing, jenis dan contohnya?”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *