Apa itu SEO Off Page. Kenapa ini penting untuk SEO?

APA ITU SEO OFF PAGE - JASA SEO

Artikel ini akan menjawab apa itu SEO Off Page. Kenapa ini penting dalam strategi SEO website?

“SEO Off Page” (juga disebut “SEO di luar situs”). SEO Off Page mengacu pada tindakan yang dilakukan di luar website Anda. Untuk untuk memengaruhi peringkat di dalam halaman hasil mesin pencari (SERP).

SEO Off Page melibatkan mesin pencari dan persepsi pengguna. Ini tentang popularitas, relevansi, kepercayaan, dan otoritas situs.

Ini dilakukan di tempat-tempat ‘terkemuka’ lainnya di Internet (halaman, situs, media sosial, orang, dll.) Yang menghubungkan atau mempromosikan website Anda, dan secara efektif “merekomendasikan” kualitas konten Anda.

Sederhananya, Anda membangun strategi untuk mendorong apa pun diluar situs, memberi rekomendasi terhadap eksistensi situs Anda.

Rekomendasi tersebut, secara otomatis, membuat situs Anda terkenal, sehingga, dianggap penting oleh system algoritma mesin pencari.

Mengapa SEO off-page penting?

Fakta bahwa, algoritma pencarian dan faktor peringkat terus berubah, konsensus umum dalam komunitas SEO adalah; relevansi, tingkat kepercayaan (trust), dan otoritas yang efektif dari SEO off-page suatu website, masih memainkan peran utama dalam menentukan peringkat.

Tidak ada yang tahu persis, cara kerja algoritme yang digunakan mesin pencari seperti Goole, ketika menentukan peringkat pada konten. Namun, dari hasil analisis, data, pengalaman, dan study case, faktor peringkat mesin pencari menunjukkan bahwa; hal-hal yang berhubungan dengan SEO Off Page, berkemungkinan menyumbang lebih dari 50% bobot faktor peringkat.

Artinya, jika, tanpa faktor SEO Off Page, sehebat apa pun Anda membangun sebuah situs, dan melengkapi konten berkualitas tinggi, cenderung akan tenggelam. Ketika harus berhadapan dengan situs yang memiliki struktur dan topik sama, yang memiliki faktor SEO Off Page.

Backlink dan SEO off-page

Apa pun yang Anda lakukan dalam SEO Off Page, barometernya, dilihat dari tingkat otoritas website. Beberapa pakar SEO, seperti MOZ, Ahref, Semrush, dan lainya, mempunyai versi masing-masing dalam mengukur tingkat otoritas sebuah situs.

Namun, apa pun metrik yang digunakan dalam menentukan tingkat otoritas website, cenderung tidak mengalami perbedaan yang signifikan.

Dan satu hal yang pasti, semua sepakat bahwa, salah satu faktor penting dalam menentukan otoritas domain, adalah kuantitas dan kualitas backlink.

Jadi, membangun backlink adalah jantung dari SEO off-page.

Mesin pencari menggunakan backlink sebagai indikasi kualitas konten yang ditautkan, sehingga situs dengan banyak backlink, dianggap bernilai tinggi.

Biasanya, akan berperingkat lebih baik daripada situs lain yang setara, namun lebih sedikit backlink.

Kita tidak akan membahas tentang backlink. Dan jika Anda awam dengan hal ini, Anda dapat membaca; Apa itu backlink?

Jenis backlink

Ada tiga jenis utama backlink, ini ditentukan berdasarkan cara perolehannya: backlink natural (alami), backlink yang dibuat secara manual, dan tautan yang dibuat sendiri.

Natural link; Tautan alami diberikan editorial website lain, tanpa tindakan apa pun dari pemilik laman. Sebagai contoh, seorang blogger makanan menambahkan tautan ke sebuah pos yang mengarah ke website produk pertanian favorit mereka. Ini disebut tautan alami.

Manual backlink: Ini adalah tautan yang dibangun secara manual, diperoleh melalui kegiatan pembuatan tautan yang disengaja. Ini termasuk hal-hal seperti mendorong pelanggan untuk menautkan ke website Anda. Atau meminta influencer untuk membagikan konten Anda.

Backlink yang dibuat sendiri: Ini berupa tautan yang dibuat oleh praktik sendiri. Seperti menambahkan backlink di direktori online, forum, link komentar blog, atau siaran pers dengan ‘teks jangkar’ yang dioptimalkan.

Beberapa taktik membangun tautan yang dibuat sendiri, cenderung ke arah black hat SEO dan menyalahi aturan mesin pencari, jadi berhati-hatilah dalam permainan ini.

Terlepas dari bagaimana backlink diperoleh, tautan yang menawarkan kontribusi terbesar untuk upaya SEO, umumnya adalah tautan yang lulus ekuitas terbaik.

Ada banyak sinyal yang berkontribusi positif, terhadap ekuitas yang diloloskan, seperti:

  • Popularitas situs yang memberi backlink
  • Seberapa relevan topik situs yang memberi backlink dengan situs yang ditautkan
  • Tingkat “Kesegaran” tautan
  • Teks jangkar yang digunakan di situs penautan
  • Keabsahan situs penautan
  • Jumlah tautan lain di halaman yang terhubung
  • Otoritas domain yang memberi tautan.

Dalam layanan Jasa SEO kami, strategi SEO Off Page menjadi salah satu faktor penting yang kami tawarkan.

SEO Off Page yang tidak terkait backlink?

Membangun backlink dari website eksternal, adalah strategi SEO off-page yang paling umum dilakukan. ,

Hampir semua aktivitas yang a) terjadi di luar website Anda sendiri dan b) membantu meningkatkan posisi peringkat pencarian Anda dapat dianggap sebagai “SEO off-page”. ”

Ini termasuk hal-hal seperti:

  • Pemasaran media sosial
  • Blogging tamu
  • Merek yang ditautkan dan tidak ditautkan
  • Pemasaran influencer

Penting untuk dicatat, bahwa, hasil bersih dari masing-masing kegiatan ini adalah, entah bagaimana membuat referensi ke situs Anda dari web di tempat lain. Baik itu referensi tautan, penyebutan merek atau website Anda, atau sebaliknya.

Jadi, konsep SEO off-page yang benar-benar “tidak terkait dengan link” sebenarnya sedikit keliru!

Baca juga: Apa itu digital marketing?

SEO off-page lokal:

SEO Off Page bergantung pada perilaku manusia (yaitu, bahwa orang hanya mereferensikan dan berbagi konten yang mereka sukai).

Dengan demikian, ini berlaku untuk SEO organik dan lokal.

Bahkan dalam bisnis bata-dan-mortir, produk-produk berkualitas tinggi, mendapatkan banyak referensi dari mulut ke mulut dari pelanggan saat ini – setara dengan SEO off-page.

Bagaimana melakukan SEO Off Page?

Pada tingkat tinggi, optimasi SEO off-page pada sebuah website, melibatkan peningkatan mesin pencari dan persepsi pengguna terhadap kualitas situs.

Ini terjadi dengan mendapatkan tautan dari situs lain. Terutama yang memiliki reputasi dan dapat dipercaya. Dimana menyebutkan merek Anda, berbagi konten Anda, dan “memberi rekomendasi” dari sumber di luar website Anda.

Semoga ini menjawab tentang; apa itu SEO Off Page

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *