Rahasia Backlink Berkualitas Untuk SEO Website Maksimal

Rahasia Backlink Berkualitas Untuk SEO Website Maksimal

Backlink Berkualitas SEO adalah jawaban dalam strategi optimasi website dari faktor SEO Off Page.

Sebelum kita mulai, berikut beberapa pertanyaan umum, yang akan saya jawab;

FAQs Backlink Berkualitas

Apa itu backlink SEO?

Backlink adalah tautan yang didapat satu website dari website lain. Backlink membuat dampak besar pada keunggulan website pada peringkat website. Inilah sebabnya, backlink dianggap sangat berguna untuk meningkatkan kinerja SEO website. Mesin pencari menetapkan peringkat menggunakan beberapa faktor. Salah satunya dari nilai backlink berkualitas.

Apa syarat backlink berkualitas dan dianggap baik?

Ada banyak faktor sehingga dapatkan dikatakan backlink berkualitas dan baik untuk SEO. Diantaranya, sumber yang relevan, trust, memiliki lalu lintas, teks tautan jangkar pencocokan tepat / frasa / sinonim, otoritas sumber backlink.

Bagaimana cara membuat backlink berkualitas pada website?

Cara membuat backlink website dapat dilakukan melalui berbagai strategi. Seperti membeli melalui Jasa Backlink (walau pun menyalahi pedoman Google, melakukannya dengan sendiri. Tulisan ini, akan memberi Anda gambaran dan langkah dasar. Tulisan ini, akan memberi Anda rekomendasi untuk dua opsi tersebut.

Pendahuluan

Anda bisa saja memproduksi konten hebat dengan desain situs yang luar biasa. Namun itu bukan otomatis dapat menjamin peringkat website Anda lebih baik.

Kenapa? Karena sebagian besar pemilik bisnis yang menjadikan website sebagai alat pemasaran, juga dapat melakukannya. Bahkan, bisa jadi lebih baik lebih baik dan sempurna dengan Anda.

Google memang merekomendasikan, bahwa, hal utama yang perlu dilakukan dalam upaya meningkatkan traffic website secara organik, adalah membangun website dengan konten unik dan bermanfaat bagi pengguna.

Tapi masalahnya, selain Anda, semua orang melakukan itu. Disinilah strategi SEO Off Page menjadi pengubah permainan.  Dan backlink elemen utama dalam optimasinya.

Tapi, tidak semua backlink mampu berkonstribusi pada SEO Off Page. Beberapa backlink dari sumber yang salah, bahkan menjadi racun yang mampu menenggelamkan website Anda.

Belum lagi, alat Google yang semakin pintar dalam mendeteksi strategi Black Hat SEO . Dimana cenderung menggunakan tehnik backlink building otomatis yang sangat dekat dengan spamming.

Bisa jadi, Anda akan mendapat peringkat sesaat, lalu akan hancur oleh pembaharuan algoritma Google.

Backlink Berkualitas Untuk SEO Website

Kita tidak akan berbicara banyak tentang fungsi backlink. Saat Anda berada dihalaman ini, pasti Anda mengetik kata kunci yang berhubungan dengan backlink. Yang artinya, Anda sudah sedikit banyak mengerti dengan manfaat backlink untuk SEO.

Backlink berkualitas dan berfungsi maksimal dalam SEO, mempunyai kriteria khusus. Dan itu diketahui melalui proses panjang dan eksperiment. Karena, sampai saat ini, tidak ada barometer pasti bagaimana cara Google memberi point pada setiap backlink yang masuk ke sebuah website.

Namun, ada beberapa kriteria dasar untuk dapat mengatakan sebuah backlink berkualitas untuk SEO website. Ini bukan hanya soal jumlah atau quantitas backlink, juga bukan hanya soal sumber backlink. Lebih dari itu strategi bagaimana membuat satu backlink memberi konstribusi maksimal pada SEO.  

Beberapa faktor yang mampu memberi backlink berkualitas pada SEO website, diantaranya adalah;

Sumber backlink

Sumber backlink meliputi umur situs, otoritas domain, trust, dan ini juga ditentukan oleh berbagai faktor lain.   

Kontekstual konten

Ini menyangkut niche/topik sumber backlink. Sejauh mana relevansi sumber backlink yang mengarah pada situs yang dioptimasi. Perlu diketahui, algoritma Google saat ini, bahkan sudah mampu membaca makna sebuah artikel.

Rasio anchor links, naked links, brand links

Anda tidak bisa serta merta membombardir backlink dengan anchor teks kata kunci yang ingin di optimasi, jika tidak ingin terperangkap dalam kasus ‘tindakan manual’ Google. Standar agar terlihat alami, backlink dibuat dengan rasion; 40% tautan jangkar, 50% tautan non-jangkar, 10% tautan mereka perusahaan.    

Tiered linking system

Sumber backlink memegang peranan penting agar bisa disebut sebagai backlink berkualitas SEO. Anda bisa saja membayar backlink pada website otoritas tinggi, kriteria kontekstual, dengan rasio yang sempurna. Namun itu saja belum cukup. Perlu juga dilihat, sejauh mana konten yang menjadi sumber backlink tersebut dianggap penting oleh algoritma Google.

Untuk menjadi dianggap penting, konten dimana backlink tersebut dibuat juga harus dioptimasi melalui beberapa hal. Anda harus pula membangun strategi backlink berjenjang. Secara umum biasa disebut backlink pyramid. Kami menyebutnya, tiered linking system.

Nilai plus, jika konten dari sumber backlink tersebut mendapat peringkat di mesin pencari, sehingga memiliki histori traffic yang cukup baik. Untuk lebih membuatnya memiliki nilai lebih, signal sosial bisa menjadi bumbu penyedap yang sempurna.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *