6 Cara Bagaimana Meningkatkan Penjualan Online Bisnis Kecil

Bagaimana Meningkatkan Penjualan Online

Bagaimana meningkatkan penjualan online, menjadi hal penting hampir seluruh pelaku bisnis di era digital. Mungkin juga termasuk Anda. Dan, kita akan segera membahasnya dalam artikel ini.

Internet telah menjadi kekuatan yang sangat signifikan, selama dekade terakhir. Sekarang mayoritas orang, tidak dapat membayangkan, hidup mereka tanpa akses internet.

Ini biasanya, digunakan untuk mencari informasi baru, berkomunikasi dengan teman, melakukan transaksi pembayaran, membeli berbagai barang, bahkan hingga merencanakan liburan akhir pekan.

Semua itu, membuat Internet menjadi saluran distribusi yang berharga.

Jika seseorang akan membeli sesuatu secara online, mereka kebanyakan mengetik nama barang yang diinginkan di mesin pencari. Dan biasanya, melewati tiga halaman hasil, sebelum memilih penjual yang cocok.

Hadir di halaman mesin pencari, itu sangat penting bagi perusahaan yang menjual produk/jasa tersebut. Kalau tidak, kemungkinannya, pelanggan akan menemukan toko online disana. Dan itu bukan toko Anda.

Stategi pemasaran melalui mesin pencari, seperti Google, Yahoo, Bing, Ask, dan lainnya itu, adalah metode yang efisien. Ketika Anda ingin menjangkau, menemukan dan mempertahankan pelanggan potensial.

Jadi, jika bisnis Anda ingin menjangkau potensi pelanggan secara online, Anda harus dapat dengan mudah ditemukan secara online. Salah satunya, melalui mesin pencari.

Dalam hal ini, Anda harus mempunyai website. Dan setidaknya, memiliki akun media sosial. Untuk terhubung secara online dengan calon pembeli Anda.

Banyaknya halaman web terkait, mengalami kesulitan untuk mendorong klien potensial ke website bisnisnya. Karena, untuk berada di halaman mesin pencari, itu perlu keahlian dan proses.

Berikut adalah 6 cara bagaimana meningkatkan penjualan online bisnis kecil

1.  Bangun berkomunikasi dengan pelanggan Anda

Layanan pelanggan yang baik adalah kunci utama untuk meningkatkan penjualan online. Dengarkan klien Anda, dan cari tahu kebutuhan dan preferensi mereka.

Berikan mereka informasi lengkap tentang barang Anda. Bikin daftar email dengan meminta informasi kontak setiap klien.

Penting untuk mengetahui pendapat orang lain tentang Anda. Selalu pantau dan tanggapi ulasan online dengan cara yang bermanfaat dan penuh hormat. Ini untuk menunjukkan seberapa besar Anda peduli dengan pengalaman klien Anda.

2. Optimasi kata kunci

Membuat website berada di halaman pertama mesin pencari, adalah prioritas untuk bisnis apa pun. Kata kunci yang relevan, dapat sangat membantu Anda dalam hal ini.

Itu harus menjadi kata-kata yang Anda ingin ditampilkan, ketika klien Anda mencari produk atau layanan yang Anda tawarkan.

Misalnya, jika Anda berada dalam bisnis menyediakan layanan penulisan, makalah penelitian khusus, Anda, mungkin harus menyertakan “layanan jasa penulisan makalah” atau “layanan penulisan makalah penelitian terbaik” di situs Anda.

Idealnya, kata kunci ini, harus dijalin secara organik di dalam teks aktual di halaman web Anda.

Tahapan ini sebenarnya, bagian dari strategi Search Engine Optimazion atau di singkat SEO. Jika Anda tertarik untuk memahami lebih mendalam tentang ini, kunjungi halaman; Cara meningkatkan traffic website

3. Tingkatkan penjualan online melalui media sosial

Menggunakan media sosial adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan penjualan apa pun. Dan ini dapat Anda lakukan tanpa membayar.

Meningkatkan penjualan online dengan Twitter;

  • Bangun hubungan jangka panjang dengan audiens potensial Anda.
  • Tetap berkomunikasi dengan pelanggan Anda yang sudah ada.
  • Temukan klien baru di area spesifik Anda.

Meningkatkan penjualan online dengan Facebook;

Ada banyak cara untuk meningkatkan penjualan online di Facebook, yang perlu Anda lakukan adalah, menceritakan sebuah kisah.

Tulis cerita tentang sesuatu yang berharga dari Anda. Dan temukan cara untuk terhubung dengan audiens. Cara terbaik untuk melakukannya adalah:

  • Rencanakan untuk membuat konten yang baik. Agar pelanggan lebih memahami produk atau layanan yang Anda tawarkan.
  • Aktifkan fitur follow halaman. Dorong orang untuk terus terhubung dengan Anda.
  • Siapkan tab aplikasi di Facebook, untuk memuat daftar item penting Anda.

Meningkatkan penjualan online dengan Facebook;

Pinterest memungkinkan Anda untuk mempromosikan situs Anda juga:

  • Buat infografis spesifik tentang produk yang Anda tawarkan. Ini akan membantu mendapatkan lebih banyak paparan di Pinterest.
  • Iklankan toko online Anda dalam aplikasi Pinterest untuk membuat pengunjung dengan mudah menemukan halaman Anda.

Meningkatkan penjualan online dengan Youtube;

Jika Anda tidak tahu cara meningkatkan penjualan online, coba saluran YouTube. Video YouTube memungkinkan Anda tampil lebih baik di hasil pencarian.  Dan, membuat pelanggan lebih akrab dengan bisnis Anda. Untuk melakukan itu, Anda perlu:

  • Gunakan testimonial video untuk membangun bukti sosial dan membantu pengamat mengidentifikasi apa yang Anda jual.
  • Bentuk kepribadian di YouTube – temukan seseorang yang dapat berbicara tentang produk Anda agar tampil lebih menonjol di sistem saluran.
  • Buat ulasan video.

Meningkatkan penjualan online dengan SlideShare;

SlideShare adalah solusi luar biasa untuk membuat PDF atau slide. Ini memberi kesempatan untuk mempopulerkan bisnis Anda dengan cara yang berbeda.

  • Kembangkan slide dengan berbagai produk. Sarankan beberapa kiat tentang bagaimana konsumen dapat menggunakan suatu barang.
  • Berikan informasi untuk memungkinkan pengguna mengetahui lebih banyak tentang produk Anda.
  • Berikan testimonial dan ulasan pada setiap slide yang Anda miliki di Pinterest.
  • Promosikan slide di LinkedIn.

4. Konten marketing

Koten marketing, hingga saat ini masih menjadi salah satu strategi pemasaran terbaik. Untuk itu, Anda perlu mempelajari tehnik blogging yang baik. Website bisnis Anda, harus menyediakan Conten Management Sistem (CMS).

Dan itu tidak terlalu sulit.

WordPress, Blogger, dan Tumblr adalah sumber daya paling populer untuk blogging. Langkah yang dapat dilakukan;

  • Buat sebanyak mungkin posting blog yang berpusat pada produk Anda.
  • Lakukan review produk sebagai posting blog untuk menghasilkan konten spesifik produk. Buat pengunjung lebih mengenal merek Anda.
  • Undang pembaca ke blog Anda.
  • Gunakan fitur berbagi di media sosial, setiap kali Anda melakukan posting blog.

Temukan blog lain di niche Anda dan jadilah blogger tamu disana. Buat konten yang hebat, dan tanamkan link yang mengarah ke website Anda. Backlink juga bermanfaat membangun otoritas situs untuk SEO.

5. Bangun kredibilitas dan kepercayaan.

Teknik unik lain untuk terhubung dengan audiens dan membangun cerita Anda, adalah dengan podcast. Metode ini memastikan berbagai ide untuk meningkatkan penjualan di ritel.

Tulis cerita Anda. Ketika orang mendengarkan podcast Anda, itu akan memungkinkan mereka untuk memahami, bagaimana barang Anda dapat membantu dalam kehidupan mereka.

Podcast Anda akan secara dramatis meningkatkan jangkauan Anda dengan tampil di perangkat lunak audio yang tersebar luas seperti iTunes.

Masukkan promosi atau panggilan audio untuk bertindak, agar pendengar mengunjungi halaman Anda.

Sarankan metode pembayaran yang beragam untuk pelanggan Anda

Jika Anda ingin meningkatkan penjualan dengan toko online Anda, Anda perlu memberi lebih banyak opsi pembayaran kepada pelanggan Anda.

6. Terapkan kode promosi

Kode promo berfungsi sebagai instrumen yang kuat, untuk menargetkan konsumen baru. Kode promosi berbeda dari diskon, dan penting untuk mengenali perbedaannya. Anda dapat mengiklankan kode promo, baik di halaman web dan situs lain juga.

Mereka biasanya diterapkan, tepat sebelum pembayaran dilakukan. Kode promo adalah salah satu faktor penentu apakah klien Anda melakukan pembelian atau tidak.

Kesimpulan

Demikian cara bagaimana meningkatkan penjualan online bisnis kecil. Kunci utama untuk meningkatkan penjualan online, adalah; Anda harus dapat dengan mudah ditemukan secara online. Berbagai langkah diatas adalah media yang dapat digunakan untuk eksistensi bisnis Anda secara online.

Untuk strategi lebih spesifik, Anda dapat berkonsultasi secara gratis dengan tim digital marketing kami. Dan kami memiliki tim SEO Expert untuk layanan Jasa SEO Berkualitas.

Semoga bermanfaat..

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *