Apa Itu Google EAT SEO + 4 Langkah Penting Untuk Menerapkannya

Google EAT SEO

Untuk anda yang bekerja di bidang SEO (Search Engine Optimization) atau mengelola sebuah website untuk bisnis, sebaiknya memahahami tentang; Apa itu Google EAT SEO. Istilah ini semakin ramai dibicarakan di kalangan penggiat SEO sejak beberapa tahun lalu dan diulas di banyak artikel di SERP.

Bahkan, beberapa situs SEO Expert, tidak ragu menyebut bahwa, Google EAT ini sebagai salah satu faktor yang dapat mempengaruhi rangking sebuah halaman di SERP. 

Namun sebenarnya apa Google EAT SEO ini dan apakah benar ia termasuk ke dalam ranking factor Google?

Artikel ini sebenarnya bagian dari serial teknik SEO On Page. Faktor-faktor penting untuk meningkatkan kualitas SEO situs ANda. Berikut adalah pembahasan detail mengenai Google EAT ini untuk anda.

Langsung saja, berikut ulasan selengkapnya untuk anda;

Apa Itu Google EAT?

E-A-T pada istilah Google EAT adalah singkatan dari Expertise, Authoritativeness dan juga Trustworthiness. Istilah ini disebutkan dan dijelaskan pertama kali di Search Quality Rater Guidelines Google, yakni sebuah halaman informasi yang digunakan sebagai acuan untuk Google search quality rater untuk menilai kualitas SERP di Google.

Untuk anda yang belum mengetahui apa itu Google Search Quality Raters, istilah ini merujuk sejumlah orang yang dikontrak oleh Google untuk menilai relevansi dan juga kelayakan sebuah website untuk tampil pada suatu penelusuran keyword tertentu. 

Google Search Quality Raters ini sendiri menjadi salah satu variabel yang digunakan oleh Google untuk meningkatkan algoritmanya dari sisi point of view pengguna.

Kembali lagi ke definis dari Googe EAT SEO ini. Jika dijelaskan dalam bahasa yang lebih sederhana, Google EAT adalah kriteria atau aspek yang digunakan oleh Google untuk mengevaluasi kualitas sebuah halaman website. 

Seberapa Penting Google EAT Untuk SEO?

Untuk pertanyaan mengenai seberapa penting peran Google EAT dalam optimasi SEO, jawaban tersebut akan sangat berhubungan dengan topik konten itu sendiri.

Dalam SEO, konsep EAT ini akan menjadi kurang penting jika topik konten anda adalah sesuatu yang bersifat subjektif. Subjektif yang saya maksud di sini adalah topik yang dibahas adalah topik yang bersifat umum dan tidak memiliki urgensi, misalnya tanaman untuk di dalam rumah, anjing lucu, rekomendasi novel dan lainnya.

Sejumlah topik yang sebutkan di atas adalah topik yang subjektif, dimana dapat dikembangkan berdasarkan pada opini anda. 

Hal ini akan berbeda ketika topik konten anda adalah berupa informasi yang memiliki urgensi dan dapat memberikan dampak pada pembacanya seperti finansial, kesehatan dan keselamatan. 

Topik-topik konten yang memiliki urgensi sebelumnya dikategorikan oleh Google sebagai kategori topik YMYL (Your Money or Your Life). Untuk mengembangkan topik YMYL, disarankan terdapat campur tangan ahli dalam pembuatan kontennya. Sehingga konten yang dihasilkan relevan dan mengandung informasi yang benar.

Ketika website anda mengembangkan konten dengan topik YMYL ini, maka konsep Google EAT SEO di sini menjadi salah satu hal yang sangat penting.

Hubungan Antara Google EAT dan YMYL?

Konsep Google EAT dan YMYL adalah dua hal yang dapat dikatakan tidak terpisahkan. Berdasarkan informasi di Google’s Guidelines, Google sendiri menyebutkan dengan jelas bahwa mereka memberikan rating yang tinggi pada halaman YMYL.

“We have very high Page Quality rating standards for YMYL pages because low quality YMYL pages could potentially negatively impact a person’s happiness, health, financial stability, or safety.”

Sehingga dapat dikatakan bahwa halaman konten YMYL memiliki nilai yang lebih tinggi di mata Google untuk mendapatkan peringkat tinggi di SERP.

Untuk dapat membuat halaman konten YMYL yang relevan dan mengandung informasi valid, maka anda harus menerapkan konsep Goole EAT ketika mengembangkan topik konten tersebut.

Apakah Google EAT Adalah Ranking Factor?

Hingga saat ini masih banyak perdebatan mengenai apakah Google EAT adalah salah satu faktor yang menentukan rangking sebuah halaman di SERP?.

Terkait dengan hal tersebut, Danny Sullivan, Public Liaison of Search Google sempat menjawab mengenai hal tersebut. Melalui akun twitternya, ia menuliskan:

“Is E-A-T a ranking factor? Not if you mean there’s some technical thing like with speed that we can measure directly

We do use a variety of signals as a proxy to tell if content seems to match E-A-T as humans would assess it. 

In that regard, yeah, it’s a ranking factor”.

Dari jawaban yang diberikan oleh Danny Sullivan di atas, dapat disimpulkan bahwa Google E-A-T termasuk ke dalam salah satu ranking factor Google.

Di saat bersamaan, tweet dari Danny Sullivan tersebut juga menjelaskan bahwa untuk dapat menjadi salah satu ranking factor, sesuatu harus memiliki sebuah nilai kuantitatif yang jelas, sehingga akan dapat dievaluasi oleh komputer.

Contohnya seperti backlink.

Google mengidentifikasi jumlah dan kualitas backlink untuk dapat menemukan halaman mana yang pantas berada di halaman pertama SERP nya.

“Namun bukankah expertise, authoritativeness, dan trustworthiness adalah sesuatu yang tidak dapat diukur secara kuantitatif oleh komputer?

Untuk bagian ini, meskipun expertise, authoritativeness, dan trustworthiness adalah konsep yang tidak dapat diukur secara kuantitatif. Google menerapkan cara yang berbeda untuk mengukur nilai ketiganya, yakni dengan memanfaatkan bantuan dari Google search quality rater.

Google mendapatkan nilai atau skor EAT ini berdasarkan evaluasi yang dilakukan oleh para Google search quality rater ini.

Bagaimana Cara Mengukur nilai Google EAT SEO?

Keyword Cannibalization

Sesuai dengan singkatan dari EAT itu sendiri, terdapat 3 aspek penilaian utama dalam pengukuran nilai Google EAT suatu website yakni Expertise, Authoritativeness dan trustworthiness. 

Meskipun ketiganya terkesan serupa, namun ketiga aspek tersebut memiliki kriteria evaluasi yang berbeda-beda. Berikut penjelasan lengkapnya mengenai ketiga aspek penilaian EAT Google tersebut.

Expertise: Menjadi Pakar Dibidangnya

Expertise - EAT

Salah satu kriteria dari penilaian EAT suatu website adalah expertise. Expertise yang dimaksud di sini adalah pihak yang memiliki pengetahuan luas atau keahlian tinggi di suatu bidang spesifik. Google akan mengevaluasi aspek expertise pada suatu konten sebagai salah satu penilaian EAT.

Singkatnya, Google akan lebih mengutamakan konten yang dibuat oleh ahli atau expert di bidang tersebut. Sebagai contoh:

Misalnya, terdapat 2 konten artikel tentang Cara mengobati Jerawat. Halaman konten pertama diproduksi oleh seorang ghost writer yang tidak diketahui namanya. Sedangkan halaman konten kedua diproduksi oleh seorang dokter spesialis kulit.

Maka Google akan lebih memberikan kesempatan lebih tinggi pada halaman konten kedua untuk mendapatkan posisi di halaman pertama SERP. 

Untuk penilaian pada konten bertopik YMYL, penilaian aspek expertise ini akan didasarkan pada jejak pendidikan, keahlian formal serta kualifikasi dari content creator. Sebagai contoh kasus:

Seorang dokter kulit akan lebih memenuhi kualifikasi untuk membuat konten seputar perawatan kulit dibandingkan dengan penulis awam.

Sedangkan untuk konten yang bertopik non-YMYL, Google akan menilai aspek expertise ini berdasarkan pada everyday expertise.

Untuk anda yang masih sedikit kurang familiar dengan istilah everyday expertise ini, istilah ini merujuk pada topik konten yang dapat dikembangkan meskipun tanpa pengetahuan expert. Adapun contohnya seperti tips, pengalaman hidup, rekomendasi dan lainnya.

Authoritativeness

Authoritativeness

Authoritativeness adalah aspek yang sangat berkaitan dengan reputasi dari website dan content creator di bidang industri yang dibidik oleh website tersebut. Singkatnya, sebuah website akan memiliki nilai Authority tinggi ketika halaman kontennya banyak digunakan sebagai referensi atau sumber informasi bagi website lain dengan niche yang relevan. Sebagai contoh:

Misalnya, anda memiliki website dengan fokus pembahasan seputar SEO. Semakin banyak website yang menggunakan konten anda sebagai referensi, maka semakin tinggi pula Authority yang dimiliki oleh website anda. Tentu saja dengan catatan, website-website tersebut juga memiliki Authority baik dan juga niche yang relevan dengan website anda.

Untuk bagian evaluasi aspek Authoritativeness ini, Google search quality rater akan menelusuri website terkait untuk menemukan informasi terkait reputasi situs tersebut, mulai dari review, rekomendasi, konten kredibel yang ada di dalam website tersebut.

Baca juga: Apa Itu Konten Pilar? Bagaimana cara membuatnya?

Trustworthiness

Trustworthiness

Aspek selanjutnya adalah Trustworthiness. Aspek ini berhubungan dengan transparansi dan akurasi informasi dari sebuah website atau halaman konten. 

Dalam hal ini, Google search quality rater ini akan meninjau nilai sejumlah aspek dari website atau halaman konten terkait seperti informasi kontak atau pernyataan pertanggungjawaban atas publikasi konten (pihak yang bertanggung jawab atas informasi yang disajikan di konten).

Selain itu, Google search quality rater juga akan mengevaluasi akurasi dari informasi yang disajikan di dalam konten. Oleh karena itu, dalam pembuatan konten yang didasarkan pada aspek EAT, pengutipan referensi dan juga pemberian tautan keluar (external link) yang relevan adalah salah satu bagian yang amat penting untuk dilakukan.

Bagaimana Cara Meningkatkan Nilai Google EAT SEO Website?

Untuk dapat meningkatkan nilai Google EAT SEO dari website anda, terdapat sejumlah cara yang dapat anda lakukan. Melansir informasi dari halaman search engine journal, berikut adalah beberapa cara terbaik yang dapat anda gunakan untuk meningkatkan nilai Google EAT dari website anda.

Mengidentifikasi Author Anda Dengan Bio

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan nilai Google EAT SEO adalah dengan mengindefikasi author melalui bio. 

Berdasarkan pada Google Guidelines, Google sangat menyarankan untuk membuat aturan berdasarkan pada aturan Journalistic professionalism. Dalam hal ini, salah satunya adalah dengan mencantumkan nama dari pembuat konten yang diterbitkan.

Disarankan untuk anda agar memasukkan informasi nama content creator dari konten yang dipublikasikan di website anda. Anda dapat melakukannya dengan membuat  bio atau halaman khusus yang berisi daftar konten yang telah dipublikasikan oleh content creator tersebut.

Selain dapat meningkatkan nilai EAT dari website anda, cara ini juga akan dapat meningkatkan kepercayaan audiens anda terhadap konten yang anda terbitkan.

Membuat Informasi Kontak di Website Anda Lebih Mudah Ditemukan

Selain memberikan informasi mengenai creator dari konten yang ada di website anda, hal lainnya yang juga dapat anda lakukan untuk meningkatkan nilai Google EAT SEO website anda adalah dengan menyajikan informasi kontak yang jelas di website anda.

Berikan informasi kontak anda secara jelas di halaman contact us dan bagian footer website anda. Hal ini akan memberikan kemudahan untuk pengunjung website anda untuk mengetahui siapa anda dan bagaimana menghubungi anda.

Selain itu, pastikan bahwa anda menghubungkan antara halaman about us dan contact us pada navigasi utama di website anda.

Menghapus atau Memperbaiki Konten Berkualitas Rendah

Jika anda memiliki beberapa konten lama di website anda yang sudah tidak relevan lagi atau memiliki performa buruk, maka menghapus sejumlah konten tersebut merupakan salah satu cara tercepat untuk meningkatkan nilai Google EAT SEO Website anda.

Namun jika sekiranya konten lama anda masih dapat digunakan (tidak sepenuhnya tidak relevan), anda dapat mencoba untuk memperbaiki konten tersebut guna memperbaiki performanya.

Adapun beberapa cara yang dapat terapkan untuk melakukan perbaikan konten lama ini adalah sebagai berikut:

  • Merekrut creator atau penulis yang memiliki authority atau pengetahuan tinggi di bidang topik yang akan dikembangkan menjadi konten.
  • Menambahkan kutipan, data, sitasi dari para expert/ahli.
  • Meningkatkan nilai readability, tata bahasa dan juga struktur konten anda.
  • Menambahkan lebih banyak informasi ke dalam konten anda, agar konten terlihat lebih komprehensif.
  • Menulis title tag yang lebih baik (title tag yang dioptimasi)
  • Menambahkan unsur visual pada konten seperti grafik, foto, infografik dan lainnya.
  • Menambahkan video untuk memperkuat pemahaman audiens dan tuliskan pula poin penting dari video yang disematkan tersebut di dalam konten anda.

Membuat Reputasi Positif Terkait Brand Anda

Meningkatkan atau membuat reputasi brand menjadi positif menjadi cara meningkatkan nilai Google EAT terakhir dalam daftar kami yang dapat anda coba terapkan. Untuk membangun reputasi brand yang positif, maka hal ini dapat dicapai melalui Thought Leadership.

Thought Leadership ini sendiri adalah bagaimana cara anda memberikan jawaban melalui konten anda melalui format yang disukai oleh audiens anda.

Jika anda membagikan konten yang memiliki value dan dapat menjawab pertanyaan audiens anda. Maka anda akan dapat menciptakan peluang terjadinya lead conversion melalui konten tersebut.

Singkatnya, anda harus menyajikan konten yang  bermanfaat dan dapat meningkatkan user experience dari audiens atau pengunjung halaman website anda.

Rangkuman Pembahasan 

Dari beberapa ulasan di atas, terdapat beberapa poin penting terkait dengan topik Google EAT ini yang sebaiknya anda garis bawahi. Adapun beberapa poin penting tersebut meliputi:

Alasan Mengapa Google EAT Penting

  • Memberikan dampak positif terhadap ranking halaman di SERP.
  • Membangun kepercayaan terhadap brand dan website anda (branding)
  • Membuat sebuah konten menjadi potensial mendatangkan traffic dan tautan (backlink).

Cara Mengukur Nilai Google EAT 

Terdapat 3 kriteria evaluasi dalam pengukuran nilai Google EAT, yakni meliputi:

  • Expertise
  • Authoritativeness
  • Trustworthiness

Cara Meningkatkan Nilai Google EAT

  • Mengidentifikasi Author Anda Dengan Bio
  • Membuat Informasi Kontak di Website Anda Lebih Mudah Ditemukan
  • Menghapus atau Memperbaiki Konten Berkualitas Rendah
  • Membuat Reputasi Positif Terkait Brand Anda

Kesimpulan 

Dari ulasan cukup panjang  yang saya berikan di atas dapat disimpulkan bahwa Google EAT SEo adalah salah satu faktor penting yang harus diperhatikan untuk website yang menyinggung atau membagikan konten yang bersifat YMYL.

Jika website anda sekiranya membahas topik yang bersifat YMYL ini, maka sebaiknya anda harus mulai meningkatkan nilai Google EAT Website anda agar dapat mendapatkan peringkat terbaik di SERP Google.

Demikian ulasan dari saya mengenai Google EAT SEO. Semoga ulasan ini dapat membantu proses optimasi website anda agar mendapatkan peringkat atas di SERP Google. 

Jangan lupa juga subscribe blog ini untuk mendapatkan lebih banyak informasi up to date seputar dunia SEO dan digital marketing. Terima kasih.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *