7 Cara Menggunakan Heading Tags SEO Agar Konten Lebih Optimal di SERP

Cara Menggunakan Heading Tags SEO

Dalam penerapan SEO (Search Engine Optimization), Heading Tags SEO atau yang juga dikenal sebagai Header Tags, mungkin bukan salah satu faktor critical. Artinya, tidak secara langsung dapat mempengaruhi peringkat suatu halaman di SERP mesin pencari.

Sebagai perusahaan SEO, faktor ini menjadi salah satu bagian yang saya fokuskan dalam proses pembuatan konten website.

Meskipun demikian, penggunaan Heading Tags ini tetap memiliki andil dalam meningkatkan nilai SEO Website dan juga experience visitor website anda.

Penggunaan Heading Tags akan membuat suatu halaman konten menjadi lebih mudah dibaca dan dimengerti oleh visitor yang mengunjungi halaman konten anda. Ini artinya bagian dari faktor SEO On Page yang dapat dengan mudah Anda lakukan sekarang juga.

Selain itu keyword pada Heading Tags juga akan mempermudah mesin pencari untuk memahami isi konten anda.

Kedua hal tersebut dapat memberikan dampak positif secara tidak langsung terhadap peringkat halaman konten anda di SERP mesin pencari.

Mengingat cukup pentingnya penggunaan heading tags pada sebuah halaman konten ini. Pada ulasan kali ini, kami akan sedikit membahas mengenai cara untuk menggunakan heading tags SEO ini untuk anda. Berikut ulasan selengkapnya yang telah kami rangkum untuk anda.

Apa Itu Heading Tags SEO?

Sebelum lanjut membahas mengenai cara menerapkan heading tags SEO ini pada konten anda. Pada bagian awal, kami akan sedikit memperjelas pemahaman anda mengenai apa itu Heading Tags atau heading tags ini.

Melansir informasi dari halaman hubspot, Heading Tags adalah tag HTML yang digunakan untuk memisahkan heading (judul) atau sub heading (subjudul) di suatu halaman konten.

Dalam praktiknya, cara penerapan heading tags ini dilakukan berdasarkan tingkat kepentingannya; demi tujuan meningkatkan nilai readability dari halaman konten tersebut.

Mengapa Penggunaan Heading Tags Itu Penting?

Seperti yang kami jelaskan sebelumnya bahwa penggunaan Heading Tags dalam konten dapat secara tidak langsung memberikan dampak positif pada rangking suatu halaman di SERP Google. Dengan menerapkan heading tags SEO pada konten anda, maka anda akan dapat membuat konten anda lebih mudah untuk dibaca dan dipahami.

Selain itu, hal yang perlu anda ketahui bahwa saat merayapi suatu halaman, Google akan menganalisis semua elemen di dalam konten, termasuk di dalamnya text dan gambar. Dengan menerapkan heading tags SEO, maka anda memberikan sinyal kepada Google bahwa heading tersebut adalah bagian penting dalam konten anda.

Hal tersebut akan membantu Google untuk memahami konteks atau topik yang dibahas oleh konten anda. Sehingga google akan dapat menampilkan konten anda di SERP untuk search query yang relevan dengan konten anda tersebut.

Cara Menggunakan Heading Tags SEO

Melansir informasi dari halaman search engine journal, terdapat beberapa cara yang dapat anda gunakan untuk mengoptimasi heading tags konten di website anda. Adapun beberapa cara yang dimaksud tersebut adalah sebagai berikut:

Gunakan Heading Tags Untuk Menyediakan Struktur Konten

Heading tags harus dapat menyajikan struktur dan konteks dari halaman konten anda. Setiap heading harus dapat memberikan gambaran mengenai topik atau informasi apa yang akan mereka dapatkan dari paragraf yang termasuk di dalam heading tersebut. Sebagai contoh:

Misalnya, suatu sub heading bertajuk “cara optimasi meta description SEO”, maka subheading tersebut seharusnya menyajikan informasi mengenai cara untuk mengoptimasi meta description.

Heading tags SEO sendiri umumnya memiliki elemen struktur dari H1-H6. Setiap elemen menyajikan informasi berdasarkan tingkat kepentingannya.

  • H1 – Memperkenalkan dan memberikan gambaran keseluruhan mengenai isi halaman konten.
  • H2 – Menjelaskan topik utama yang terdapat pada halaman konten.
  • H3 sampai H6 – Subtopic dari topik utama yang dibahas di halaman konten.
Heading Tags

Gunakan Heading Tags Untuk Membagi Text

Salah satu data menarik mengenai perilaku pengguna internet adalah sebagian besar pengguna internet membaca sebuah konten dengan metode scanning. Sebuah data yang dilansir di halaman Forbes menyebutkan bahwa hanya terdapat 16% pengguna internet yang membaca konten secara menyeluruh.

Poin utamanya, sebagian besar pengguna internet saat ini hanya membaca secara cepat (scanning) untuk menemukan informasi yang mereka butuhkan. 

Anda dapat menggunakan heading tags ini untuk memisahkan teks dan setiap ide yang ada di halaman website anda. Sehingga visitor halaman website anda akan lebih mudah menemukan informasi yang mereka perlukan.

Gunakan Keyword Pada Heading Tags

Heading Tags SEO

Meskipun heading tags tidak memberikan dampak yang besar pada SEO dan juga peringkat halaman di SERP. Sekali lagi mengingatkan kepada anda bahwa Google tetap menggunakan heading tags ini untuk mengidentifikasi context dan juga topik dari halaman website anda.

Dikarenakan hal itu, anda sebaiknya mengoptimalkan heading tags anda dengan menambahkan keyword ke dalamnya. Dalam hal ini, penambahan keyword pada heading tags ini harus dilakukan secara natural, sehingga Google tidak mengidentifikasikannya sebagai spam.

Tambahkanlah keyword di beberapa heading tags di artikel anda secara alami. Jangan memaksakan untuk memasukkan keyword ke semua heading tags, hal ini akan berpotensi mengirimkan sinyal indikasi spam kepada Google.

Selain menggunakan keyword pada heading tags konten anda, anda juga harus memastikan bahwa halaman konten anda telah memiliki nilai readability yang baik. Tentu saja, anda juga tidak boleh lupa menerapkan keyword pada badan konten anda sesuai dengan standar optimasi konten SEO.

Dengan mengoptimasi heading tags menggunakan keyword ini, maka anda akan dapat meningkatkan user experience dari visitor halaman konten anda.

Optimasi Heading Tags Untuk Featured Snippet

Untuk membuat heading tags halaman konten anda dapat memberikan dampak baik pada SEO Website anda adalah dengan mengoptimasi heading tags anda untuk Google Featured Snippet.  

Untuk anda yang belum terlalu memahami apa itu Google Featured Snippet ini, Google Featured Snippet adalah tampilan atau display ringkasan jawaban yang ditampilkan Google di SERP untuk penelusuran keyword tertentu. Sebagai contoh:

Misalnya, anda melakukan pencarian di Google menggunakan keyword “Apa itu Heading Tags?”, maka Google akan menampilkan ringkasan konten di SERP yang relevan untuk pertanyaan dan sekaligus keyword yang anda gunakan tersebut.

Hingga saat ini, banyak webmaster dan penggiat SEO yang meyakini bahwa Google cenderung mendahulukan halaman yang telah dioptimasi untuk Google Featured Snippet. 

Untuk mengoptimasi agar halaman konten anda agar dapat muncul sebagai Google Featured Snippet di SERP, terdapat 2 cara yang dapat anda gunakan, yakni meliputi:

Optimasi Heading Tags Untuk Long Tail Keyword

Cara pertama yang dapat anda gunakan adalah dengan mengoptimasi heading tags untuk long tail keyword. Pada bagian ini, anda dapat menambahkan queri atau keyword yang anda targetkan di dalam heading anda. Sebagai contoh:

Misalnya, anda menargetkan, halaman konten anda tampil sebagai Google Featured Snippet untuk keyword “Apa Itu SEO On Page”. Anda dapat menambahkan keyword tersebut ke dalam ke salah satu heading tags anda. Selanjutnya, anda dapat menjelaskan secara langsung mengenai apa itu SEO On page pada bagian paragraf dari heading tags tersebut.

Menggunakan Subsequent Atau Bulleted List

Cara lainnya yang juga dapat anda gunakan agar halaman konten anda muncul sebagai Google Featured Snippet ini adalah dengan menyediakan bulleted list di halaman artikel anda. 

Bulleted list ini sama halnya dengan daftar pustaka yang memuat informasi mengenai topik yang dibahas di dalam suatu halaman konten. Bulleted List ini sendiri merupakan daftar heading tags utama yang ada di halaman konten anda (h2).

Kehadiran bulleted list ini akan dapat mempermudah visitor halaman konten anda untuk menemukan informasi yang mereka butuhkan. Visitor akan langsung diarahkan ke bagian heading tags yang mereka klik.

Dengan menyediakan bulleted list ini, maka terdapat potensi Google akan menampilkan bulleted list di konten anda sebagai Google Featured Snippet di SERP untuk keyword yang relevan dengan konten anda. Sebagai contoh:

Misalnya, bulleted list anda merupakan daftar jasa SEO Jakarta Murah Terbaik. Maka Google berpotensi menampilkan bulleted list anda di SERP untuk pencarian jasa SEO Jakarta terbaik atau daftar jasa SEO Jakarta Murah.

Gunakan Hanya Satu Heading Tag H1

Salah satu fakta SEO yang menarik yang sempat beredar di kalangan penggiat SEO dan juga webmaster adalah Google pernah menyebutkan bahwa penggunaan banyak heading tags H1 dalam satu halaman merupakan hal yang tidak masalah untuk dilakukan.

Namun meskipun demikian, praktik penggunaan banyak heading tags H1 ini sangat tidak disarankan untuk dilakukan. Mengapa demikian?.

Salah satu alasannya adalah dikarenakan ukuran dari Heading tags H1 ini yang sangat besar. Menggunakan banyak heading tags H1 ini akan membuat artikel menjadi berantakan dan sulit untuk dibaca.

Oleh karena itu, pastikan bahwa anda hanya menggunakan satu heading tag H1 pada halaman konten anda, yakni pada bagian judul konten anda.

Untuk mengecek apakah terdapat halaman di website anda yang tidak menggunakan heading tag H1 atau menggunakannya lebih dari sekali, anda dapat menggunakan crawler tool seperti Screaming Frog.

Buat Heading Tags Tetap Konsisten 

Salah satu aturan UX yang sering dilupakan oleh banyak webmaster saat ini adalah konsistensi dalam penggunaan heading tags. Ketika anda membuat heading tags halaman konten anda, pastikan anda menggunakan format yang konsisten untuk setiap halamannya.

Misalnya, jika anda memilih untuk menggunakan heading tags dengan dengan format title case format, maka anda sebaiknya menggunakan hal tersebut untuk semua halaman konten anda.

Selain itu, anda juga harus memperhatikan panjang heading tags anda. Dalam hal ini, kami menyarankan anda agar membuat heading tags anda pendek yakni maksimal 70 karakter.

Buat Heading Tags Menarik

Untuk membuat halaman konten anda didatangi oleh banyak visitor, membuat heading tags yang menarik adalah salah satu  hal yang perlu anda lakukan. Heading tags dalam sebuah konten layaknya sebuah copywriting (iklan) yang memikat audiens untuk membacanya, terutama Heading tag H1.

Heading Tags H1 dapat dikatakan seperti gerbang masuk visitor untuk membaca konten anda. Jika gerbang tersebut bagus, maka hal tersebut akan memancing visitor untuk membaca konten anda. 

Untuk itu, sangat disarankan untuk anda agar membuat draft heading tag H1 konten untuk menemukan pilihan judul yang terbaik. Jangan sampai, heading tags halaman artikel anda terasa hambar alias tidak memiliki sisi menarik untuk membuat audiens membaca  konten anda.

Dalam hal ini, kami menyarankan pada untuk menambahkan unsur benefit (keuntungan), importance (hal penting) dan urgensi (mendesak) pada heading tags H1 konten anda. Sebagai contoh:

  • 7 Cara meningkatkan traffic website/blog Terbukti Efektif
  • 15 Fitur Web Toko Online Wajib Untuk Meningkatkan Penjualan

Kedua judul yang kami contohkan di atas mengandung unsur benefit yang dapat menarik perhatian visitor atau audiens untuk membacanya.

Rangkuman Pembahasan 

Berikut sejumlah poin penting dari ulasan mengenai cara menggunakan Heading Tags SEO yang telah kami rangkum di atas.

Manfaat Menggunakan Heading Tags SEO

  • Mempermudah visitor dalam membaca konten.
  • Memberikan dampak secara tidak langsung pada peringkat halaman di SERP.
  • Meningkatkan relevansi halaman.

Tools Yang Diperlukan

Cara Menggunakan Heading Tags SEO

  • Gunakan Heading Tags Untuk Menyediakan Struktur Konten
  • Gunakan Heading Tags Untuk Membagi Text
  • Gunakan Keyword Pada Heading Tags
  • Optimasi Heading Tags Untuk Featured Snippet
  • Hanya Gunakan Satu H1
  • Buat Heading Tags Tetap Konsisten
  • Buat Heading Tags Menarik

Kesimpulan 

Meskipun tidak dapat memberikan dampak positif secara langsung terhadap SEO Website dan peringkat halaman di SERP. Namun heading tags dapat membantu meningkatkan user experience dari visitor halaman konten anda.

Dengan adanya heading tags ini, maka visitor halaman anda akan lebih mudah menemukan informasi atau pembahasan penting yang audiens anda butuhkan. Selain itu, Google juga menggunakan heading tags untuk memahami konteks dan topik di sebuah halaman.

Beberapa hal tersebutlah yang membuat penggunaan heading tags di suatu halaman konten website sangatlah disarankan.

Sekian sedikit ulasan yang telah kami rangkum mengenai cara menggunakan Heading Tags SEO. Semoga  ulasan singkat ini dapat bermanfaat dalam membantu optimasi SEO Website anda.Jangan lupa juga untuk subscribe blog ini untuk mendapatkan update artikel informatif lainnya seputar SEO dari kami. Terima kasih.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *