5 alasan mengapa website tidak muncul di Google

alasan mengapa website tidak muncul di Google

Anda telah melakukan semua kerja keras – membeli paket hosting, menginstal WordPress, memilih tema yang bagus dan menulis beberapa konten. Anda benar-benar bersemangat menerbitkan posting pertama Anda. Saatnya mendapat traffik dari mesin pencari. Tapi, mengapa website tidak muncul di Google?

Anda telah mengetik kata kunci utama Anda. Bahkan nama unik website Anda. Tetapi, ketika mencari situs Anda di Google, Anda tidak dapat menemukannya di mana pun. Bahkan sudah berhalaman-halaman hasil pencarian di buka.

Anda mengangkat tangan: “Website saya tidak muncul di Google, apa yang terjadi !?”

Nah, berikut adalah lima alasan yang mungkin menjelaskan mengapa Anda tidak dapat menemukan situs Anda di Google.

1: Situs Anda terlalu baru, Google belum mengetahuinya

Pertama, jangan panik! Jika situs Anda baru, mungkin hanya masalah harus sedikit bersabar. Lalu memeriksa kembali sebentar.

Ada banyak bagian yang harus digerakkan dalam upaya membuat situs Anda dirayapi, diindeks, dan diberi peringkat. Terkadang, butuh waktu berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu bagi Google untuk menemukan situs Anda.

Anda dapat mencari situs Anda dengan site: melalui operator pencarian di Google. Caranya

Ketik; site:garudacitizen.com

Maka Anda akan melihat daftar halaman yang ditemukan di domain itu. Jika Anda mengetik URL lengkap artikel tertentu, Anda hanya akan melihat satu hasil pencarian. Jika Anda melihat halaman Anda, ini berarti Google memang tahu tentang situs Anda dan telah memasukkan – setidaknya beberapa di antaranya – dalam indeksnya.

Begini contohnya

5 alasan mengapa website tidak muncul di Google
Jika penampakan yang muncul seperti, itu artinya belum masuk indeks Google. Dan kita akan bahas kenapanya sebentar lagi.

Jika Anda melihat penampakan seperti dibawah ini. Itu artinya website Anda sudah diindeks oleh Google.

5 alasan mengapa website tidak muncul di Google

Setelah Anda menemukan bahwa halaman Anda ada dalam indeks, tetapi Anda pikir itu tidak berkinerja baik, Anda mungkin ingin menggali lebih dalam.

Artinya Anda membutuhkan strategi SEO agar website Anda mendapat peringkat di Google.

Ada banyak alat yang dapat digunakan. Di WordPress ada beberapa plugin untuk membantu Anda dalam optimasi website.

Salah satunya Yoast SEO dan kirim sitemap XML yang dihasilkan ke Google Search Console untuk membantu mempercepat proses penemuan Google.

Di Search Console, Anda juga dapat menggunakan alat Inspeksi URL untuk mengetahui bagaimana kinerja halaman tertentu. Ini memberi tahu Anda secara tepat bagaimana Google menjelajah dan melihat situs Anda.

Caranya, lihat gambar dibawah ini. Ketik URL website Anda, dan tekan #enter. Lalu ikuti setiap instruksi yang diberikan alat Google.

Google Console

Cara diatas cukup efektif agar Google memasukkan ULR situs Anda dalam daftar prioritas indeksasi Google.

Sambil menunggu, bacalah cara kerja Google dan cara memulai dengan SEO. Anda juga dapat menjalankan audit SEO cepat untuk mengetahui apakah Anda melewatkan sesuatu.

Alat Google Console juga akan memberi notifikasi jika ada hal-hal yang mempengaruhi peringkat situs Anda.

2: Situs atau bagian dari konten Anda terdapat perintah noindexed

Salah satu alasan paling umum bagi Google untuk tidak mengindeks situs Anda atau halaman tertentu adalah karena Google telah – secara tidak sengaja – mendapatkan noindexed.

Menambahkan tag meta robots noindex ke halaman memberi tahu Googlebot bahwa tag dapat merayapi halaman, tetapi hasilnya tidak dapat ditambahkan ke indeks.

Bagaimana cara memeriksa apakah halaman Anda tidak diindeks? Itu mudah, cukup buka halaman dan lihat kode sumbernya. Di suatu tempat di bagian atas halaman, Anda akan menemukan kode di bawah ini. Ini memberi tahu perayap mesin pencari bahwa konten halaman tidak boleh ditambahkan ke indeks dan, dengan demikian, Anda jelas tidak akan mendapat peringkat.

<meta name="robots" content="noindex">

Itu terjadi! Bahkan kami sesekali membuat kesalahan dan secara tidak sengaja memasang posting. Untungnya, ini adalah perbaikan yang mudah. Dengan alat SEO Yoast tadi Anda dapat mengatur dengan mudah status indeks atau noindex.

3: Google tidak dapat menjelajah situs Anda

Anda mungkin telah mengatakan kepada Google untuk tidak mengindeks konten Anda, tetapi mungkin juga Anda memberi tahu Google untuk tidak menjelajah situs Anda sama sekali!

Memblokir crawler di file yang disebut robots.txt adalah cara yang pasti untuk tidak pernah mendapatkan traffic. Memblokir robot lebih mudah dari yang Anda kira. Misalnya, WordPress memiliki pengaturan Visibilitas Mesin Pencari yang – setelah ditetapkan untuk Mencegah mesin pencari mengindeks situs – maka itu secara otomatis akan mencegah perayap. Hapus centang yang diberi tanda panah dibawah ini untuk membuat situs Anda tersedia lagi.

Noindex

Dari WordPress 5.3 dan seterusnya, WordPress menggunakan pendekatan noindex yang dijelaskan dalam poin 2 untuk menangani pengindeksan situs melalui pengaturan Visibilitas Mesin Pencari. Perubahan ini diperlukan karena Google terkadang masih mengindeks halaman yang ditemuinya.

Selain memberitahu WordPress untuk memblokir mesin pencari, mungkin masalah teknis lainnya menghasilkan kesalahan perayapan yang mencegah Google merayapi situs Anda dengan benar. Server web situs Anda dapat bertingkah dan menampilkan kesalahan server atau buggy bit JavaScript dalam kode Anda meningkatkan perayap. Pastikan Google dapat dengan mudah menjelajahi situs Anda.

4: Konten Anda tidak secara normal dan / atau tidak sesuai dengan niat pengguna

Mungkin ada sejumlah alasan teknis mengapa situs Anda tidak muncul di Google. Tapi itu bukan keseluruhan cerita. Ini juga bisa menjadi konten Anda. Konten Anda mungkin tidak cukup atau cukup otoritatif bagi Google untuk memilih frasa sandi khusus itu. Pikirkan tentang bagaimana Anda sebagai manusia akan menemukan situs Anda. Jangan fokus pada Google.

Konten yang tidak muncul di Google mungkin “sederhana” karena tidak sesuai dengan apa yang diharapkan oleh pencari. Konten Anda mungkin tidak sesuai dengan maksud pencarian pengguna.

Dalam hal ini, Anda harus melakukan riset kata kunci dan memperhatikan maksud pencarian dengan baik. Apa yang dicari orang, dalam istilah apa dan apa artinya mereka lakukan? Setelah Anda tahu itu, Anda dapat menggunakan plugin SEO untuk membantu Anda menulis konten yang luar biasa.

Ingatlah bahwa mungkin, mungkin saja, situs Anda beroperasi dalam industri yang sangat kompetitif. Tanpa fokus pada kata kunci longtile, mungkin sulit mendapat peringkat yang baik. Dan itu bisa saja menjadi alasan mengapa website tidak muncul di Google

5: Konten Anda tidak memiliki backlink berkualitas tinggi

Jauh di belakang ketika Google hanya pemula, peringkat ditentukan sebagian oleh popularitas. Pemikirannya adalah bahwa semakin banyak tautan yang diperoleh situs atau halaman, semakin banyak orang melihat situs ini sebagai sumber yang berharga dan Google harus meletakkannya di bagian atas halaman pencari.

Sementara banyak yang telah berubah dalam lebih dari dua dekade, backlink masih memainkan bagian dalam kemampuan menemukan dan menentukan peringkat konten. Anda dapat memberi peringkat tanpa tautan, tetapi itu sangat sulit.

Membuat konten yang luar biasa adalah cara yang baik untuk mendapatkan tautan ke halaman Anda. Konten berkualitas tinggi cenderung menarik klik dari pembaca yang mungkin juga berbagi konten jauh melalui media sosial. Semua ini membantu untuk mendapatkan tautan tersebut. Tentu saja, ada lebih banyak yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan tautan dengan cara alami, bukan spam! Baca: Rahasia Backlink Berkualitas Untuk SEO Website Maksimal.

Memperbaiki tautan internal Anda juga membantu Google dan pencari menemukan konten Anda!

Check

Note: Apakah Anda terkena tindakan manual?

Yang cepat untuk mengakhiri artikel ini: jika situs Anda tidak muncul di Google, itu mungkin karena tindakan manual – penalti.

Ada banyak alasan mengapa Anda bisa mendapatkan tindakan manual, tetapi yang paling umum adalah karena tautan spam atau pelanggaran aturan Google. Situs yang mendapatkan tindakan manual cenderung mencoba beroperasi dengan cara tidak baik untuk menyesatkan mesin pencari agar memberi mereka peringkat tinggi.

Biasanya, pemilik situs mendapatkan email dari Google yang memberi tahu mereka bahwa situs mereka telah menerima tindakan manual. Anda juga dapat dengan mudah memeriksa halaman Tindakan Manual di Google Search Console.

Ada lebih banyak alasan

Ini bukan pos yang mencakup semua karena ada banyak alasan untuk situs atau pos tidak muncul di Google. Posting ini memberi Anda ide cepat ke mana harus mencari ketika tidak melihat posting Anda di mesin pencari.

Jika Anda ingin lebih efektif meningkatkan peringkat website Anda, kami menyediakan Jasa SEO Jakarta. Atau Anda dapat berkonsultasi secara gratis dengan kami. 0812-1391-8679

Demikian 5 alasan mengapa website tidak muncul di Google. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *